Profil

Program Studi Farmasi adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan, Namun sejak januari 2016, nama fakultas berubah menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan dengan masuknya program studi pendidikan dokter. Berdasarkan rasio daya tampung dengan jumlah peminat PS farmasi, terjadi peningkatan dalam 4 tahun terakhir. Program studi farmasi hingga saat ini telah memiliki dosen tetap 21 orang dengan kualifikasi pendidikan S2 farmasi dan S2 farmasi Klinik.

PS Farmasi telah membangun strategi pengembangan dan perbaikan sebagai berikut :

1. Mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi dan peradaban islam.

2. Penetapan kurikulum yang didukung dengan aplikasinya di dalam rumah sakit.

3. Menjalin kerjasama dengan lembaga keislaman, lembaga pendidikan dan organisasi profesional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

4. Penyesuaian aktivitas dan standar mutu program studi sesuai dengan standar pendidikan nasional dan internasional serta kebutuhan pemangku kepentingan.


Sejarah

Keberadaan PS farmasi sebagai salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) didirikan pada tahun 2004 sebagai perwujudan universalitas dan pengembangan IAIN menjadi UIN melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor. 179/MPN/KI/2004. Saat ini prodi farmasi telah beroperasi selama 13 tahun dan telah memperoleh akreditasi dari BAN PT dengan nilai B. 

Ketua Jurusan telah berganti sebanyak 4 kali berturut - turut dimulai oleh Bapak Abd Rahim, M.Si., Apt, Gemy Nastity Handayani, M.Si., Apt., Nursalam Hamzah M.Si., Apt dan saat ini dipimpim oleh ibu Haeria, S.Si., M.Si.


Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki cukup memadai dan sesuai dengan peruntukannya. Pemanfaatan ruang kuliah diatur secara terpusat di FKIK. Adapun ruang - ruang yang dimiliki adalah Ruang rapat senat, ruang rapat pimpinan, raung seminar, perpustakaan fakultas, ruang LT, gedung CBT, training center, ruang kuliah, laboratorium dan poliklinik, gedung olah raga, lapangan sepak bola, lapangan bola basket, bulu tangkis sarana ibadah, gedung pusat kegiatan mahasiswa, rusunawa, asrama mahasiswa, ruang BEM fakultas,ruang HMJ, musallah fakultas dan gazebo.